Wisata Tuban

Tuban menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang gak kalah menariknya untuk dikunjungi. Kamu bisa menikmati keindahan wisatanya yang masih alami, mulai dari pantai, gua, bukit, hingga air terjun.

Semuanya memiliki keunikan masing-masing yang layak dieksplor satu per satu. Yuk, cari tahu di mana saja wisata Tuban yang menarik untuk dikunjungi!

1. Pantai Pasir Putih Remen

Kamu bisa mendirikan tenda di pantai dengan keindahan hamparan pasir putih ini. Bermalam di tepi pantai bisa menjadi cara melipir sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan.

Saat malam, kamu akan melihat kerlip bintang dengan jelas, karena tidak ada polusi cahaya seperti di kota. 

Lokasi: Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: Rp2.000

 

2. Pantai Sowan

Saat tiba di sini, kamu langsung disambut dengan pepohonan akasia yang rindang. Adanya pepohonan ini membuat suasana jadi lebih sejuk dan nyaman. Tak hanya itu, terdapat area di sekitar Pantai Sowan khusus hewan, mulai dari kera, burung, hingga ular. 

Lokasi: Desa Bogoran, Kelurahan Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 

Jam operasional: 24 jam

Harga: Rp15 ribu

3. Pantai Surindah

Pantai Surindah bisa dikatakan sebagai wisata yang masih jarang diketahui orang. Belum ada fasilitas umum yang disediakan.

Waktu terbaik untuk mengunjunginya yakni menjelang matahari terbenam, karena pemandangan sunset-nya begitu indah. Perpaduan warna biru laut dan jingga langit menambah keindahan pantai ini. 

Lokasi: Desa Glagah, Kelurahan Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: Gratis

4. Pantai Kelapa

Di sekitar Pantai Kelapa, banyak pepohonan cemara yang menghiasi, sehingga bikin suasana semakin rindang. Tak hanya pepohonan cemara, melainkan juga adanya tanaman bakau yang berguna buat mencegah abrasi. Hamparan pasir putih juga menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi: Jalan Gresik Nomor KM.1, Desa Kepoh, Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: Rp3.000-6.000

5. Air Terjun Nglirip

Air terjun yang tingginya sekitar 25 meter ini tampak begitu indah. Pepohonan rindang di sekitar air terjun semakin menambah kesejukannya.

Di bagian bawah air terjun, ada kolam kecil yang berwarna hijau tosca. Kamu bisa seru-seruan main air di kolam kecil tersebut. Tetap harus berhati-hati, ya!

Lokasi: Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam 

Harga: Rp5.000

6. Gua Suci

Gua Suci bukanlah buatan alami, melainkan dibangun saat masa Kerajaan Majapahit. Di dalam gua ini, kamu bisa melihat cahaya yang masuk melalui atap yang berlubang. Jadi spot favorit buat foto kece nih!

Lokasi: Dusun Suci, Desa Wagun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam 

Harga: Gratis

7. Bukit Cinta

Bukit yang berada di ketinggian 853 meter di atas permukaan laut ini sangat indah. Apalagi, kamu bisa kamping untuk menikmati kecantikan sunrise dan sunset. Gemerlap bintang pada malam hari bakal jadi "atap rumahmu." 

Lokasi: Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 

Jam operasional: 24 jam

Harga: Gratis

8. Watu Ondo

Buat kamu yang suka dengan liburan ekstrem, coba deh kunjungi Watu Ondo. Untuk mencapai puncaknya, kamu harus melewati medan yang tak mudah.

Kamu harus melalui jalanan terjal bebatuan, tangga kayu, hingga tangga batu vertikal yang bersandar pada bukit. Namun, saat mencapai puncaknya, semua perjuangan tak akan sia-sia. 

Lokasi: Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: Gratis

9. Gua Akbar

Saat memasuki Gua Akbar, kamu akan melihat stalaktit dan stalakmit yang memukau. Jalanan di dalam gua mudah untuk diakses, tanpa harus naik-turun bebatuan. Fasilitasnya juga sangat lengkap, mulai dari kamar mandi, parkir, tempat makan, hingga toko suvenir. 

Lokasi: Desa Jarkali, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam operasional: 07.00-18.00

Harga: Rp4.000-10 ribu

10. Perum Perhutani KPH Jatirogo

Wisata hutan ini sangat Instagramable, lho! Kamu bisa berfoto di bawah pepohonan rindang dengan potongan kayu berserakan.

Tak hanya itu, tersedia pula rumah pohon untuk melihat pemandangan di sekitar hutan. Bisa juga untuk lokasi outbond atau seru-seruan naik ATV, lho!

Lokasi: Jalan Raya Barat Nomor 17, Desa Klagon, Kelurahan Wotsogo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam operasional: 07.00-17.00

Harga: Rp2.000-5.000

Itulah beberapa tempat wisata di Tuban yang bisa jadi rekomendasi liburan serumu. Kuy lah!




Artikel Terkait

Comments (3)

    komentar Facebook sedang dipersiapkan